Selasa, 01 Mei 2012

Struktur Pasar


Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Pasar terdiri dari dua jenis:
1. Pasar persaingan sempurna
2. Pasar persaingan tidak sempurna

Pasar persaingan sempurna
Pasar ini terbentuk ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. 
Ciri-ciri pokok dari pasar persaingan sempurna adalah:
a-Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
b-Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
c- Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
d- Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
e- Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
f. Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga)
Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari monopoli, oligopoli, duopoli, monopolistik dan monopsoni.




Pasar monopoliMonopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen.
Ciri -ciri dari pasar monopoli adalah:
1. Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran
2. Tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute)
3. Produsen memiliki kekuatan menentukan harga
4. Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.

-Pasar oligopoli

Pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, di mana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
1. Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar
2. Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman aqua.
3. Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
4. Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contoh dari produk oligopoli: semen, air mineral.

-Pasar duopoliPasar Duopoli adalah suatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.

-Pasar monopolistik
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis. 
Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
1. Terdapat banyak produsen yang berkecimpung di pasar
2. Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product
3. Untuk memenangkan persaingan setiap produsenaktif melakukan iklan.
4. Keluar masuk pasar produk relatif lebih mudah

-Pasar monopsoniPasar monopsoni dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar