Selasa, 01 Mei 2012


Pendapatan Nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode,biasanya selama satu tahun.
Terdapat beberapa konsep dalam pendapatan nasional yaitu:

-          Produk Domestik Bruto (GDP)  jumlah produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di dalam batas wilayah suatu negara (domestik) selama satu tahun.

-          Produk Nasional Bruto (GNP) Meliputi nilai produk berupa barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (nasional) selama satu tahun.

-          Pendapatan Nasional Neto (NNI) Pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi.

-          Pendapatan Perseorangan (PI) jumlah pendapatan yang diterima oleh setiap orang dalam masyarakat, termasuk pendapatan yang diperoleh tanpa melakukan kegiatan apapun.

-          Pendapatan yang siap dibelanjakan (DI) Pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi.

-           
Manfaat dalam mengetahui Pendapatan Nasional adalah :

-          Dapat mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan untuk mendapatkan data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara selama satu periode.
-          Mengetahui struktur perekonomian nasional.
-          untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekomian terhadap pendapatan nasional

faktor – faktor yang mempengaruhi Pendapatan Nasional adalah :
-          Permintaan dan penawaran agregat.
-          Konsumsi dan tabungan
-          investasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar